Ads 468x60px

Cool B themes Slider

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 02 Juni 2012

Keharaman Daging Anjing

Mayoritas ulama mengharamkan memakan daging anjing, namun diriwayatkan dari al-Imam Malik t sebuah pendapat yang sangat lemah yang mengatakan makruh. Adapun dalil- dalil yang menunjukkan diharamkannya mengonsumsi daging anjing, di antaranya:
1. Hadits yang telah disebutkan sebelumnya tentang diharamkannya memakan hewan bertaring dan buas. Anjing termasuk memiliki dua sifat tersebut.
2. Hadits Abu Mas’ud al-Anshari z bahwasanya ia berkata,
أَنَّ رَسُولَ اللهِ n نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَمَهْرِ الْبَغِيِّ وَحُلْوَانِ الْكَاهِنِ
“Rasulullah n melarang dari hasil penjualan anjing, hasil pelacuran, dan hasil perdukunan.” (HR. al-Bukhari no. 2122 dan Muslim no. 1567)
Diriwayatkan oleh al-Imam Muslim t dari Rafi’ bin Khadij z bahwa Rasulullah n bersabda,
ثَمَنُ الْكَلْبِ خَبِيثٌ
“Hasil penjualan anjing itu khabits (jelek).” (HR. Muslim no. 1568)
Hadits ini menunjukkan bahwa hasil penjualan anjing adalah jahat, dan Allah k berfirman
“… dan (Nabi) mengharamkan segala yang khabits (jahat/jelek) bagi mereka.” (al-A’raf: 157)
Sisi pendalilan dari hadits ini bahwa Nabi n mengharamkan hasil penjualannya. Apa yang diharamkan untuk dijual berarti tidak boleh dimakan. Demikian pula dengan sifat “khabits” pada hasil penjualannya menunjukkan bahwa anjing termasuk hewan yang khabits. (lihat Adhwa’ul Bayan, asy-Syinqithi, 2/170—171)
Ada pula yang mengatakan bahwa hukum hasil penjualannya mengikuti hukum dagingnya. Karena dagingnya haram, demikian pula hasil penjualannya. (Adhwa’ul Bayan, 2/171)
3. Anjing termasuk hewan yang diperintahkan untuk dibunuh
Hewan yang diperintahkan dibunuh termasuk yang dilarang untuk dimakan, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Di antara riwayat yang menunjukkan diperintahkannya anjing-anjing untuk dibunuh adalah hadits Ibnu Umar bahwa Rasulullah n memerintahkan untuk membunuh anjing-anjing. (Muttafaq ‘alaihi dari Ibnu Umar c. Juga diriwayatkan oleh al-Imam Muslim no. 280 dari hadits Abdullah bin Mughaffal z dan no. 1572 dari hadits Jabir z)
Setelah itu, Rasulullah n melarang membunuhnya karena anjing memiliki manfaat yang dapat digunakan, seperti berburu atau menjaga hewan ternak. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Abdullah bin Umar c bahwa Rasulullah n memerintahkan untuk membunuh anjing, selain anjing berburu, atau anjing yang dimanfaatkan untuk menjaga kambing atau hewan ternak. (HR. Muslim no. 1571)
4. Hadits-hadits Nabi n yang melarang seorang muslim memelihara anjing, dan yang memeliharanya akan menyebabkan berkurang pahalanya setiap hari.
Seandainya memakannya dibolehkan, tentu memeliharanya pun boleh. Rasulullah n bersabda,
مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا إِلاَّ كَلْبَ ضَارِيَةٍ أَوْ مَاشِيَةٍ نَقَصَ مِنْ عَمَلِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطَانِ
“Barang siapa memelihara anjing, selain anjing berburu atau menjaga hewan ternak, akan berkurang pahala amalannya setiap hari dua qirath.” (HR. al-Bukhari no. 5163 dan Muslim no. 1574 dari Abdullah bin Umar c)
Dalam riwayat al-Bukhari dari hadits Abu Hurairah z disebutkan bahwa Rasulullah n bersabda,
مَنْ أَمْسَكَ كَلْبًا يَنْقُصْ مِنْ عَمَلِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطٌ إِلاَّ كَلْبَ حَرْثٍ أَوْ كَلْبَ مَاشِيَةٍ
“Barang siapa memelihara anjing, akan berkurang pahala amalannya setiap hari satu qirath, selain anjing penjaga tanaman atau anjing penjaga hewan ternak.” (HR. al-Bukhari no. 3146)
Setelah menyebutkan beberapa hadits di atas, al-‘Allamah asy-Syinqithi t menjelaskan, “Ini adalah dalil yang paling jelas yang menunjukkan bahwa anjing tidak boleh dimakan. Sebab, apabila boleh dimakan tentu boleh pula dipelihara untuk dimakan, dan itu jelas.” (Adhwa’ul Bayan, 2/171)
Sumber : http://asysyariah.com/keharaman-daging-anjing.html

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Now.......!